Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menandai Dan Memberi Nama Lokasi di Google Maps


Mencari lokasi suatu tempat sekarang ini sangat mudah gak perlu tanya-tanya ke sana kesini. Cukup buka google maps ketik nama lokasinya, ketemu dah detailnya.

Nah pernah kepikiran gak sih gimana cara namain lokasi itu? Bisa gak kita namain sendiri suatu lokasi di google maps? Jawabannya adalah bisa pake banget!

Manfaat Menamai Lokasi di Google Maps

Penamaan lokasi di maps sekarang sangat penting, apalagi kalau kita sebagai pemilik usaha kecil-kecilan yang baru mulai di buka. Jika nama tempat kita ada di maps akan sangat menguntungkan, contoh kita memiliki usaha "bakso winuk". Jika ada orang sekitar  yang mencari bakso di maps maka tempat kita akan muncul, lumayan kan itung-itung promosi gratis.

Sebenarnya untuk menemani lokasi kita di maps sangat mudah dan gratis sob, kita hanya butuh HP android yang sudah terinstall google maps, atau bisa juga menggunakan komputer / laptop.

Cara Menandai Dan Memberi Nama Lokasi di Google Maps di HP Android

Oke yang pertama mari kita cek sama-sama cara menandai dan memberi nama lokasi pakai hp android, langkah-langkahnya seperti berikut:

1. Install Aplikasi Google Maps.

Jika Hp kalian masih blm terinstall google maps, download terlebih dahulu di google play store. 
Buka Play Store > ketikkan Google Maps > Install.

2. Menandai Lokasi di Maps

Buka google maps kalian, lalu tentukan lokasi yang ingin di beri nama dan di munculkan di maps, misal lokasinya yang seperti saya kasih tanda panah di bawah.

Tap dan tahan lokasi tersebut sampai keluar icon pin warna merah seperti di bawah.

3. Menyimpan dan Memberi Nama Lokasi

Jika sudah keluar pin merah, pilih save.
Pilih "+ New List" 

Isilah kolomnya
List name: isikan nama tempat kalian,
Description: isikan deskripsi dari tempat kalian, misal "warung bakso".
Pilih List Type
Ada tiga pilihan list type di sini:
>Private: jika pilih type ini yang bisa lihat dan edit nama lokasi di maps hanya kita sendiri, orang lain tidak bisa melihatnya di maps
>Shared: jika pilih type ini selain kita sendiri yang bisa melihat maps orang lain yang kita beri link akan bisa melihat nama lokasi tempat kita.
>Public: jika pilih type ini semua orang yang membuka google maps bisa mengetahui nama tempat yang sudah kita beri nama.
Pilih sesuai kebutuhan, jika sudah komplit pilih create.

4. Menambahkan Foto 

Biasanya jika kita tap pada suatu lokasi akan ada informasi foto mengenai tempat tersebut. Kita juga bisa menambahkan foto untuk lokasi kita kok, gampang. 
Tap Pin Lokasi Kita > Tambahkan Foto/Add Photo


Pilih Foto Yang Diinginkan > Post

Cara Menandai Dan Memberi Nama Lokasi di Google Maps di Komputer/Laptop

Menandai dan menamai lokasi maps di komputer atau laptop prosesnya sama persis dengan di hp android, tapi kita tidak perlu menginstall aplikasi google maps di komputer kita.
Cukup buka browser kalian, misal google chrome, lalu ketikkan: https://maps.google.com akan muncul tampilan peta yang kurang lebih sama seperti di hp android, ikut langkah seperti sebelumnya.

Demikian Cara Menandai Dan Memberi Nama Lokasi di Google Maps, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, jika bermanfaat silahkan untuk di share ke teman-teman sobat.

Posting Komentar untuk "Cara Menandai Dan Memberi Nama Lokasi di Google Maps"